Tips Menemukan Rumah Kontrakan Minimalis di Jakarta Selatan Harga Terjangkau

  • Whatsapp

Sebelum dana membeli rumah terkumpul, tidak ada salahnya untuk memilih tinggal di rumah sewa. Mengontrak rumah bisa mendatangkan banyak manfaat, salah satunya Anda bisa punya cukup waktu untuk menabung. Kali ini akan dibahas bagaimana cara menemukan rumah kontrakan minimalis di Jakarta Selatan dengan harga yang terjangkau.

Read More

Menemukan Kontrakan Murah

Jakarta Selatan sebenarnya menjadi salah satu lokasi yang harga sewa rumah maupun jenis properti lain tergolong tinggi. Namun, hal ini tidak menutup kesempatan untuk menemukan harga yang sedikit lebih miring. Jika dan terbatas, coba terapkan 7 tips berikut saat mencari kontrakan rumah dengan harga yang terjangkau:

1. Tentukan Batas Anggaran

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menetapkan berapa banyak jumlah uang yang akan digunakan untuk mengontrak. Ketahui batas anggaran Anda sehingga nanti akan lebih mudah menemukan rumah pilihan sesuai ketersediaan dana. Jika sudah ada batas anggarannya, Anda secara otomatis tidak akan tergoda untuk mengambil rumah kontrakan dengan harga sewa yang tinggi.

Penting untuk diketahui bahwa Anda harus punya persiapan finansial yang matang sebelum memutuskan mengontrak rumah. Pastikan dana di dalam tabungan mencukupi tidak hanya untuk membayar sewa namun juga untuk kebutuhan. Paling tidak Anda harus ada tabungan untuk kebutuhan hidup selama dua bulan ke depan setelah mengontrak.

2. Pilih Tempat Sepi

Ambillah rumah yang berlokasi di tempat sepi atau tidak di pusat kota. Rumah yang lokasinya strategis sudah pasti akan memasang harga sewa yang mahal. Apalagi di Jakarta Selatan yang populer mahal untuk ukuran rumah kontrakan. Ambillah rumah yang posisinya agak dipinggiran sehingga bisa mendapat penawaran harga murah.

Namun, pastikan bahwa lokasi rumah tersebut terbilang aman. Jangan sampai Anda memilih rumah di lokasi yang sepi karena harganya murah namun rawan pencurian atau tindak kejahatan. Lakukan survei ke beberapa lokasi sehingga bisa menemukan lokasi di pinggiran yang tergolong aman dan nyaman untuk ditinggali.

3. Pilih Rumah yang Kecil

Sangat direkomendasikan untuk memilih rumah sewa yang ukurannya kecil. Tentunya ukuran rumah juga akan berpengaruh pada biaya sewa yang harus dibayarkan. Jika ingin mendapatkan rumah kontrakan minimalis di Jakarta Selatan dengan biaya terjangkau maka ambillah rumah yang kecil saja.

Hanya saja memang ukuran rumah harus disesuaikan kebutuhan pribadi. Tentu saja jumlah orang yang akan menghuni rumah tersebut juga harus diperhatikan. Pastikan rumah ini nyaman ditempati walaupun ukurannya terbatas. Pastikan juga fasilitas yang dibutuhkan terpenuhi meskipun ukuran rumah tidak begitu besar.

4. Ajak Teman untuk Patungan

Salah satu tips untuk berhemat uang kontrakan adalah dengan patungan. Coba ajak teman atau saudara untuk patungan membayar uang kontrakan. Dengan begitu uang sewa nanti akan dibagi sesuai jumlah orang yang menempati. Beban Anda dalam membayar uang kontrakan rumah pun bisa berkurang jadi tidak begitu memberatkan.

Namun cara ini jelas tidak berlaku jika Anda akan mengontrak rumah bersama keluarga. Tentu akan terasa tidak nyaman jika harus mengontrak bersama dengan orang lain jika Anda sudah berkeluarga. Jika hal ini terjadi, Anda bisa coba memperpendek usia sewa terlebih dahulu. Misalnya dengan mengambil sewa 6 bulan dulu supaya biayanya lebih ringan.

5. Ambil Rumah Tanpa Perabot

Tips lain yang bisa dilakukan jika ingin mendapat rumah kontrakan minimalis di Jakarta Selatan dengan harga murah adalah pilih rumah tanpa perabot. Ada banyak pilihan fasilitas rumah yang disewakan dengan perabot lengkap. Biasanya rumah seperti ini akan memasang harga sewa yang jauh lebih mahal. Memang nyaman, namun beban sewanya juga lebih besar.

Sangat disarankan bagi Anda untuk mengontrak rumah yang kosong, tidak ada perabot. Ini akan mempermudah Anda untuk melakukan negosiasi sehingga bisa dapat harga murah. Selain bisa dapat harga murah, menyewa rumah tanpa perabot juga membuat Anda lebih leluasa mengatur perabot pribadi.

6. Lakukan Negosiasi

Jangan lupa untuk selalu melakukan negosiasi sebelum deal harga sewa rumah. Tentunya Anda punya hak untuk mengajukan penawaran kepada pihak pemilik rumah. Jangan ragu untuk menawar dan kalau bisa tawar dengan harga yang rendah namun masih di dalam nalar. Pastikan untuk mengajukan penawaran dengan cara yang sopan.

Selama negosiasi ini, coba ajukan alasan juga mengapa penawaran tersebut layak disetujui. Misalnya, ada bagian yang rusak atau perlu perbaikan dan Anda harus memperbaikinya sendiri. Alasan ini biasanya akan membuat pemilik rumah mau menurunkan harga sewa. Jika memang sulit untuk mendapat harga paling murah, paling tidak harga sewanya bisa berkurang.

7. Bandingkan Harga

Cobalah untuk mencari beberapa referensi rumah kontrakan. Di sini Anda bisa coba membandingkan harga satu kontrakan dengan yang lain. Perbandingan harga ini penting untuk dilakukan sehingga Anda bisa menemukan rumah kontrakan dengan harga termurah. Jangan malas mencari lebih banyak referensi sebagai perbandingan agar tidak menyesal.

Jakarta Selatan punya banyak lokasi yang mungkin menyediakan rumah kontrakan dengan varian harga bermacam-macam. Coba lakukan survei dan cari tahu mana rumah kontrakan paling nyaman dan harga sewanya paling cocok di kantong. Temukan yang terbaik sesuai kenyamanan Anda dan biayanya tidak melampaui jumlah anggaran yang sudah ditentukan tadi.

Itulah 7 tips menemukan rumah kontrakan minimalis di Jakarta Selatan dengan biaya yang terjangkau. Pastikan Anda teliti dalam memeriksa kondisi rumah sehingga tidak ada masalah di kemudian hari. Jalin komunikasi yang baik dengan pemilik rumah dan pastikan ada surat perjanjian yang jelas mengenai hubungan kontrak tersebut.

Sumber:

https://www.qhomemart.com/blog/kontrakan-murah/

https://www.rumah.com/berita-properti/2017/7/156020/tips-irit-pilih-kontrakan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *